Seputar Peradilan

studi banding banjarbaru

Dalam rangka mensukseskan pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), Pengadilan Agama Amuntai melaksanakan kegiatan studi banding ke Pengadilan Agama Banjarbaru pada hari Senin, 27 Juli 2020.

 

KPA Amuntai Rusdiansyah, S. Ag selaku pimpinan tim studi banding menyampaikan bahwa kunjungan dilaksanakan untuk melihat secara langsung proses pembangunan WBK yang berhasil diraih PA Banjarbaru.

“kedatangan kami kesini selain untuk bersilaturrahim tapi kami juga ingin mengetahui proses pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)/ Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), ujar Rusdiansyah dalam pertemuan tersebut.”

Dalam giat tersebut, tim studi banding PA Amuntai disambut langsung oleh KPA Banjarbaru dan WAKA PA Banjarbaru serta jajarannya yang telah memperoleh predikat WBK dan sedang diusulkan untuk mengikuti penilaian pembangunan ZI menuju WBBM pada tahun 2020.

Dalam persentasinya, KPA Banjarbaru dan WAKA PA Banjarbaru menyampaikan, strategi dalam membangun WBK/WBBM disertai penyampaian amanat utama, yakni melakukan perubahan pola pikir dan konsisten jangan pernah lelah dalam melakukan perubahan.

“dalam melakukan pembangunan Zona Integritas harus melakukan banyak perubahan baik itu dari sikap maupun pola pikir yang baik untuk merubah diri kita sendiri, karena dalam membangun Zona Integritas kita harus merubah diri kita terlebih dahulu serta senantiasa membiasakan diri untuk menuju yang lebih baik lagi, tutur Husnawati selaku KPA Banjarbaru.”

WAKA PA Banjarbaru H. Muhammad Nuruddin, Lc., M.Si. menambahkan, “konsistensi juga harus ditingkatkan, jangan pernah lelah dalam melakukan perubahan. dalam membangun Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) kerjasama mulai dari pimpinan sampai tenaga kontrak harus selalu terjalin dengan baik, karena tanpa kerjasama untuk membangun Zona Integritas itu sangat sulit, ucap Nuruddin.”

KPA Amuntai Rusdiansyah, S. Ag menyampaikan bahwa penjelasan dari KPA dan WAKA PA Banjarbaru tersebut sangat bermanfaat serta menyampaikan ucapan  rasa terima kasih kepada seluruh jajaran PA Banjarbaru  atas kesempatan studi banding yang telah diberikan. Terdapat banyak hal positif dengan adanya kegiatan studi banding tersebut guna mensukseskan pembangunan ZI menuju WBK/WBBM pada Pengadilan Agama Amuntai ke depannya. Diharapkan kerja sama adalah hal pembangunan ZI menuju WBK/WBBM dapat terus berlanjut.